Berbagi Ide, Tips Trik dan Informasi

Wednesday, February 15, 2012

Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Semua orang ingin mendambakan kesehatan jantungnya. Di Indonesia, penyakit jantung berpotensi tinggi sebagai penyebab kematian. Maka dari itu, harus lebih ditekankan dalam diri kita tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Sudah beberapa orang bahkan artis ternama seperti Ade Namnung, Ida Kusumah, Adji Massaid, Benyamin S, dll harus mengakhiri hidupnya karena penyakit itu. Angka kematian karena penyakit ini akan selalu bertambah seiring dengan bertambah buruknya gaya hidup masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa tips mengoptimalkan dan menjaga kesehatan jantung :

1. Bernafas
Pernafasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan berkerja lebih efisien. mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi dan membuat jantung lebih awet.

2. Tidur
Seseorang yang tidur hanya enam jam atau kurang dari enam jam dalam sehari akan beresiko memiliki banyak protein C - reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Jalan Kaki
Melakukan jalan kaki dengan cepat selama tiga jam dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner 30 - 40 %.

4. Buah
Banyak mengkonsumsi buah akan membuat jantung sehat dan segar. Misalnya kita mengkonsumsi buah pisang yang akan membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, atau buah jeruk, melon dan pepaya yang mengandung vitamin C yang baik untuk jantung.

5. Sayuran
Berbagai macam sayuran yang baik untuk jantung misalnya bayam baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, brokoli yang berfungsi sebagai zat pelindung jantung, tomat yang berfungsi menjaga kerusakan pembuluh arteri.

6. Air Putih
Memperbanyak minum air putih lebih dari lima gelas sehari akan dapat membantu memperlancar konerja jantung dan darah lebih kental.

7. Senyum
Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah dan mengurangi penyakit jantung.

Begitu mudah kan cara menjaga kesehatan jantung kita..? Mari mulai sekarang biasakanlah mencanangkan pola hidup sehat dalam hidup kita agar jantung selalu sehat dan semangat.
Usahakan menjaga kesehatan dimulai sedini mungkin.
Semoga Bermanfaat..
Sumber : Kaskus.us

Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kolom-ide

0 komentar: