Berbagi Ide, Tips Trik dan Informasi

Wednesday, February 15, 2012

8 Negara Penghasil Kopi Terbesar Dunia

Tahu kah anda dimana penghasil-penghasil kopi terbesar dunia? Semua kopi tumbuh di sekitar daerah tropis. Amerika Tengah dan Selatan merupakan penghasil sekitar dua pertiga produksi kopi dunia. Pernahkah membayangkan bagaimana anda nikmatnya secangkir kopi dengan di seduh air panas dan dinikmati bersama pisang goreng...hehee..ajiiib..
Berikut ini akan saya Paparkan Negara penghasil kopi terbesar dunia :

1. BRAZIL
Negara yang sangat luas ini merupakan salah satu negara yang mendominasi produksi kopi dunia. Brazil adalah produsen dan eksportir kopi paling besar dan merupakan bangsa pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia. Kopi tumbuh di area pesisir tenggara, dari Pernambuco di utara sampai Parana di selatan. Sebagian besar area tanam cenderung membeku selama musim dingin di Brazil. Musim dingin yang parah bisa merusak tanaman lopi, yang secara serius mempengaruhi harga pasar dunia untuk komoditas kopi.

Produksi dan perdagangan kopi di Brazil mempekerjakan lebih dari lima juta orang dan menyuplai 30% kopi dunia.

2. KOLOMBIA
Selama bertahun-tahun, Kolombia telah menghasilkan kopi-kopi terbaik dunia. Mereka mempunyai keseimbangan cita rasa dan kedalaman rasa yang sangat baik. Kopi ini dihasilkan dari tiga rangkaian pegunungan Cordilleras yang merupakan bagian dari Andes utara.

Colombia adalah penyalur kopi yang terbesar kedua dengan 10% pangsa pasar.

3. COSTA RICA
Costa Rica dikenal sebagai 'little Switzerland' dari Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara dengan industri kopi terbaik setelah mengembangkan kualitas produksi kopinya selama bertahun-tahun. Biji kopinya sangat kompleks, enak dengan kadar asam yang halus. Rasa ini dapat dikeluarkan ketika kopi itu disiapkan dengan menggunakan filter kopi atau coffee maker cafetière.

4. ETHIOPIA
Tanaman kopi arabika dipercaya berasal dari Ethiopia yang masih dapat ditemukan sebagai tumbuhan liar di sini. Negeri yang sangat luas ini menghasilkan sebagian kopi paling unik di dunia.

5. HAWAII
Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat dimana kopi dibudidayakan secara komersial.

6. GUATEMALA
Separuh dari bagian Selatan Guatemala merupakan daerah Sierra Madre. Pegunungan tinggi ini menciptakan iklim yang sempurna untuk penanaman kopi.
Imigran-imigran Jerman di Guatemala mengembangkan teknik budidaya pada kondisi cuaca ekstrim. Mereka membakar sampah di dekat perkebunan pada cuaca yang buruk dan asap yang tebal akan melindungi pohon-pohon dari kebekuan dan menghasilkan rasa asap pada biji.

7. INDIA
Meski telah lama dihubungkan dengan teh, India adalah salah satu daerah penghasil kopi tertua di dunia. Pada awal tahun 1600-an seorang peziarah bernama Baba Budan mengunjungi Makkah, dan menyelundupkan beberapa biji kopi keluar Arab dengan disembunyikan di dalam jubahnya, dan menanamnya di India.

8. INDONESIA
Indonesia menghasilkan beberapa jenis kopi ekselen. Belanda pertama kali memperkenalkan kopi untuk ditumbuhkan di Jawa pada pertengahan abad ketujuh belas, maka ini termasuk merupakan produksi kopi generasi awal di belahan dunia ini (Asia Pasifik). Bijinya kaya rasa sedemikian rupa sehingga rasanya akan tetap terjaga saat penambahan susu atau krim.

Bagaimana menurut anda?
Adakah diantara anda yang sudah mencoba kopi-kopi diseluruh dunia?
Ternyata negara Indonesia masuk ke urutan 8..

8 Negara Penghasil Kopi Terbesar Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kolom-ide

0 komentar: